Kamis, 06 Januari 2011

Satu Abad Peringatan Haul Habib Ali (Shohibul Maulid)



Ribuan umat berkumpul di bawah terik mentari di kawasan Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (13/3/2012). Mereka yang datang dari berbagai penjuru wilayah di Tanah Air itu bukan karena sebuah kepentingan sesaat atau materi. Melainkan, karena perasaan cinta yang dalam kepada orang-orang sholeh pewaris para Nabi.

Ya, karena rasa cinta itulah yang menggerakkan langkah ribuan umat.
"Dari tahun ke tahun, jumlah yang hadir dalam haul Habib Ali terus bertambah. Dan yang pasti, mereka tidak diundang, tetapi datang sendiri, apalagi saat ini adalah peringatan 100 tahun. Haul selalu dilaksanakan pada tanggal 20 Rabiultsani berdasarkan kalender Islam. Mereka sudah tahu sendiri,"

Akhlak adalah puncak pendakian dari risalah mulia para Nabi. Ia adalah ukuran kesalehan, bukti keimanan, dan harkat seseorang. Ia melingkupi kejujuran, integritas, keteguhan, amanah, kebijaksanaan, dan keadilan yang terangkum dalam keutuhan manusia. ”Setinggi apapun ilmu seseorang, jika akhlaknya tak mulia maka tak sempurnalah keimanannya,”
Berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat, Orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran, Orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya. (QS. Al A’laa [87] : 9-11)
Jika riwayat hidup kaum arifin dibacakan kepada orang yang beriman, maka imannya kepada Allah akan semakin kokoh. Sebab kehidupan mereka merupakan cerminan dari kitabullah yang di dalamnya terkandung ilmu orang-orang terdahulu dan yang akan datang kemudian… Habib ‘Ali Al Habsyi …