Sabtu, 02 Juni 2012

Haul Abah Guru+Penginapan Habis Di Boking

MARTAPURA – Sebulan sebelum pelaksanaan haul ke-7, Al Alimul Allamah Al Arif Billah Albahrul Ulum Al Waliy Qutb As Syeikh Al Mukarram Maulana H Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, beberapa penginapan di sekitar Martapura Kabupaten Banjar sudah penuh.

Dari pantauan Radar Banjarmasin pada beberapa penginapan yang berada di kawasan Sekumpul seperti Penginapan Berkat Sekumpul di Guntung Alaban. Di penginapan ini sudah ada pengunjung yang memesan kamar untuk malam Minggu dan Senin. “Sudah sejak sebulan lalu sudah ada yang memesan kamar disini, dan mereka disini mengikuti acara haul Abah Guru Sekumpul pada malam Senin nanti,” ujar pengelola Penginapan Akhmad Khairi.

Tamu yang memesan kamar di penginapan tersebut adalah tamu dari luar Kabupaten Banjar, seperti Samarinda Kalimantan Timur dan Kabupaten Kotabaru. Bahkan, tamu-tamu tersebut bersedia tidur di luar kamar penginapan. Pasalnya penginapan tersebut tidak banyak memiliki jumlah kamarnya. “Tamunya sendiri yang mau tidur di ruangan tengah ini karena kamar sudah habis,” tambahnya.

Saat Radar Banjarmasin menyambangi penginapan tersebut, sudah terlihat puluhan ibu-ibu dari Kotabaru keluar dari penginapan tersebut. “Kami ke sini untuk datang menghadiri acara haulan ini, namun sebelumnya akan ziarah keliling dulu. Minggu nanti sudah kembali lagi ke sini untuk ikut acara haulan tersebut,” ungkap Mulyati dari Kotabaru.

Begitu juga dengan Wisma Sekumpul yang berada tidak jauh dari penginapan Berkat Sekumpul, di penginapan ini juga sejak sebulan yang lalu sudah penuh di pesan pengunjung untuk Hari Minggu tepatnya pada pelaksanaan haulan Abah Guru Sekumpul. “Sudah sebulan lalu kamar di penginapan ini ditampahi (diboking, Red) orang dari jauh, gasan malam Senin ini,” ujar Ali Nurdin, penerima tamu di penginapan tersebut.

Bahkan, lanjutnya, dalam beberapa hari terakhir ini banyak tamu yang datang langsung untuk menginap. Namun karena kamarnya sudah penuh terpaksa mereka harus mencari penginapan lain.Untuk menyambut acara haul ini, tambahnya, sudah sebulan yang lalu pemilik penginapan mempersiapkan tempat untuk menyambut tamu yang dipastikan akan membludak seperti menambah kasur dan bantal.

Tidak hanya di penginapan, Guest House Sultan Suriansyah juga sudah dipesan sejak sebulan yang lalu, yang memesan tersebut adalah dari luar daerah bahkan dari Pulau Jawa yakni dari Bangil Jawa Timur ”Dari Bangil tersebut memesan dua buah kamar sejak awal bulan lalu. Selain itu dari Samarinda juga sudah memesan kamar sebanyak 7 buah,” ujar penerima tamu Guest House Sultan Suriansyah Nia. Tamu sudah mulai masuk pada Jumat (25/5) malam, sampai dengan malam Senin nanti.

Acara haul Abah Guru Sekumpul ini kiranya tidak hanya diikuti oleh warga Martapura dan sekitarnya tetapi juga dari luar provinsi dan luar Pulau Kalimantan. (ins/ij/ram)
Sumber: 
http://www.radarbanjarmasin.co.id/index.php/berita/detail/46/28964

Baca Juga :
Berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat, Orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran, Orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya. (QS. Al A’laa [87] : 9-11)
Jika riwayat hidup kaum arifin dibacakan kepada orang yang beriman, maka imannya kepada Allah akan semakin kokoh. Sebab kehidupan mereka merupakan cerminan dari kitabullah yang di dalamnya terkandung ilmu orang-orang terdahulu dan yang akan datang kemudian… Habib ‘Ali Al Habsyi …